Sambut Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Imigrasi Belawan Buka Layanan Paspor Simpatik di Hari Sabtu

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan membuka pelayanan paspor simpatik pada Hari Sabtu

topmetro.news – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan membuka pelayanan paspor simpatik pada Hari Sabtu di kantornya, Jalan Serma Hanafiah No 1 Belawan I Medan Belawan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan Ridha Sah Putra didampingi Kasi Tikim Ardian P Putro, mengatakan, layanan tersebut dilaksanakan selama Bulan Januari. Yakni pada tanggal 6, 13, 20 Januari 2024.

Melalui layanan paspor simpatik ini, mereka berharap pelayanan keimigrasian khususnya dalam pengajuan pembuatan paspor baru maupun penggantian paspor karena habis masa berlaku dapat ‘menyentuh’ masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk melakukan pengurusan paspor pada hari kerja.

“Untuk pelayanan paspor simpatik ini, tersedia kuota sebanyak 25 permohon setiap Sabtu-nya. Baik itu paspor elektronik maupun non-elektronik,” ungkap Ridha.

Mengingat terbatasnya jumlah permohonan yang diterima, ia menyarankan masyarakat untuk datang pada saat pelayanan dibuka pada pukul 08.00 WIB setiap Sabtu.

“Pelayanan ini menggunakan antrian secara ‘walk in’, sehingga masyarakat bisa datang langsung tanpa daftar melalui aplikasi M-Paspor,” paparnya.

Ia menerangkan kembali, bahwa pelayanan yang diberikan pada layanan paspor simpatik hanya penerbitan dan penggantian paspor karena habis masa berlaku.

“Untuk Sabtu kemarin, telah telah dilaksanakan layanan paspor simpatik yang pertama, jenis layanan yang diberikan adalah permohonan paspor baru. Dan penggantian paspor bukan karena rusak, hilang atau perubahan data,” urainya.

Ia juga mengaku, masyarakat cukup antusias mengikuti program paspor simpatik dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi tersebut.

“Paspor simpatik ini memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin membuat paspor di akhir pekan atau hari libur. Bagi masyarakat yang mungkin terkendala waktu untuk melakukan permohonan paspor di hari kerja bisa mengikuti layanan paspor simpatik ini. Semoga layanan paspor simpatik ini dapat membantu dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan keimigrasian,” imbuhnya lagi.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment